Dauroh Munkahat   1 comment

Ahad, 21 Desember 2008 adakah hari berbahagia bagi 3 saudariku yang ditakdirkan oleh Allah melaksanakan Ibadah yang begitu mulia yaitu Menikah…
Menggenapkan setengah dien adalah sunatullah bagi umat muslim. Siapa yang tidak mau menikah maka dia bukan umatku, kata Nabi Muhamad..Hiii.. takut! ni ancaman buat kita yang ingin jadi Umat nabi Muhamad, Harus Nikah!!!minimal harus sudah punya niat lah..pelaksanaannya kapan..wallahu’alam. Tenang aja insAllah semua dapat jatahnya masing-masing dan ga bakalan terturkar. Yang baik dapat yang baik sebaliknya yang ga baik dapat yang gal baik. So..yang terpenting buat kita adalah mempersiapkan diri dan mensholeha-kan diri biar dapat yang sholeh…ehm.ehm..ehm..
Oya balik lagi ke crita 3 perhiasan dunia yang telah menemukan sang belahan jiwa tadi. Mereka adalah Diyah Irfaningrum ( FISIP-UNS 2002 ) dan Akh siapa ya? nama lupa! walimatul’ursynya di Yogyakarta. Pasangan kedua adalah Ratna Desita( FP-UNS 2003 ) dan Imdadurrahman. Walimatul ‘ursynya di Ngawi. Pasangan ketiga adalah Sulis Nuryani ( FKIP UNS 2004 ) – Subandi, walimatul’ursynya di Magetan. CK.CK.CK Luar biasa..dalam 1 hari 3 walimahan orang-orang yang kucintai oleh Allah Menikah! Mbak Diyah adalah mbak Di Pondok Pesantren Putri Tanwirul Fikr, Mbak Desita dalah senior korwat kaderisasi KAMMI kOMSAT Sholahuddin sebelum ana dan terakhir adalah ikhti Sulis Sohib Perjuangan di jalan dakwah ini… Mereka punya tempat di hatiku, mereka cukup dekat dengan ana. Ana uhibbukumullah..
3 Walimatul’ursy Sekaligus ini bikin gempar ikhwah UNS. Agenda dikosongkan diganti dengan agenda Njagong.
Kenapa ana namakan dauroh munakahat karena ana bisa belajar dari mereka. Di tempat Sulis ana jadi panitia..Gak pernah ana lakukan sebelumnya. Disana Qta diminta membantu dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi walimatul’ursynya. Menyenangkan dan rasanya tak bisa diucapkan dengan kata-kata. Apa yang kita dapatkan:
1. Persiapan sebelum hari-H
– Siapkan kepanitiaan
KLO pasangan sudah sekufu dan sefikroh ternyata lebih kudah..so kedua calon mempelai harus sama-sama paham dan kompak jadi panitia enak jerjanya…tentukan tema walimahan, pensolidan panitia ikhwan dan akhwat ( siapa yang jadi Korlap, laden, among tamu, jaga kado, kostum diseragamkan ), setelah itu disinergiskan dengan panitia dari keluarga…biar ga ada miskom..
– menyusun acara yang Syari ( perdana di tempat sulis..bagus sekalian buat Syiar dakwah ). acara: pembukaan, tilawah, hiburan nasyid, tausiyah, foto-foto bareng ). Yang jadi perhatian kita adalah: bagaimana mengkondisikan : tamu ikhwan-akhwat pisah, make-up dan dandaban terutama yang akhwat harus syar’i, lagu nasyidnya apa, ga ada ritual syirik, musik pengiring yang syar’i, cari ustadz yang bagus, )
– briefing
karena terbiasa dauroh, syuro-syuro bergembira kita atur timing dan siap siaga!
2. Pelaksanaan
Hari H yang dinantikan ..dag.dig.dug..bukan pengantinnya tapi ikut terpengaruh juga lho nervousnya coz harus memastikan semua berjalan lancar. menjadikan Walimahan yang gak biasa-biasa aja.
3. Evaluasi
Semua kita cek and ricek ternyata ga mudah memastikan semua bisa 100%berjalan sesuai rencana… terutama masalah rias pengantin..tapi alhamdulillah walimahan selesai dengan cukup lancar
Rekomendasi bagi antum wa antuna yang mo nikah.
1. Luruskan niat
2. Jadilah pasangan yang kompak dan sinergis
3. Komunikasi antar pengantin, pengantin dengan orang tua harus dikondisikan jauh-jauh hari biar lebih mudah
4. Tentukan acara yang syari dan siapkan semua dengan matang klo bisa dari ikhwah semua biar lebih mudah tapi klo terpaksanya belum 100% ikhwah maka komunikasikan koordinasikan dengan baik kepada pihak-pihak yang terkait biar ga ada miskom
5. Aspek dana juga dipersiapkan..apalagi yang punya sahabat dan sodara yang banyak. karena menjamu tamu itu adalah kewajiban..tapi tetap jangan berlebihan
6. Persiapan fisik, dan ruhiyah…
mungkin cukup dulu itu klo dituliskan ga ada habisnya..
alhamdulillah dapat pengalaman…

Posted Desember 22, 2008 by perhiasandunia in Experience

One response to “Dauroh Munkahat

Subscribe to comments with RSS.

  1. subhanallah..
    btw kayake ana ga asing dnger nama akh indadurrahman..
    n sptny nama2 it adl nama2 org2 hebat..^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: