pengantar psikoterapi   Leave a comment

Pengantar

Psikoterapi merupakan topic yang paling mendasar dalam Psikologi.

Aliran-aliran pemikiran besar yang menjadi mainstream dalam psikologi ternyata tidak bisa dilepaskan dengan praktek dan teori Psikoterapi, mulai dari Psikoanalis, Kognitif Behaviorisme, Humanistik dan Transpersonal, semuanya mempunyai suatu bentuk pendekatan dalam psikoterapi

Pendekatan konvensional, yang telah memiliki grand theory yang sudah mapan, yaitu : Pendekatan Humanistik, Kognitif, Gestalt dan Analisis Transaksional

Pendekatan kontemporer dimaksudkan sebagai pendekatan yang relative masih baru berkembang. Termasuk didalamnya adalah pendekatan dengan menggunakan Teknik Meditasi, Latihan Ketrampilan Sosial, dan Terapi Ekspresi Wajah Positif.

Pihak-pihak lain di masyarakat yang juga memberikan bantuan mirip psikoterapi, misalnya para tokoh agama, paranormal atau berbagai bentuk perguruan bela diri.

Pendekatan Humanistik Carl Rogers Dalam Psikoterapi
Dia adalah salah satu tokoh utama dalam pendekatan Humanistik, yang pemikiran dan teknik pendekatannya banyak diacu oleh psikoterapis yang lain, Teori kepribadian yang dijadikan sebagai landasan termasuk dalil-dalil pemikirannya sampai pada teknik aplikasinya.

Pendekatan Analisis Transaksional yang dikembangkan oleh Eri Berne.
Menekankan pada hubungan antar manusia ketimbang persoalan intra psikis atau ketidaksadaran seperti yang dikembangkan oleh Sigmund Freud. Teori Eric Berne tentang status Ego Anak, Dewasa dan Orang tua dibahas dalam bagian ini.

Terapi Gestalt yang dikembangkan oleh Frederick Pearl ini termasuk pendekatan Humanistik. Yang menarik dari pendekatan ini adalah adanya teknik-teknik yang konkret dan mudah dilaksanakan seperti teknik kursi kosong, bermain peran dan agenda bebas. Selain bisa dilaksanakan seara individual, teknik ini ternyata bisa juga diterapkan dalam seting kelompok.

Pendekatan Kognitif dalam Psikoterapi

Pendekatan ini sangat menekankan pada pentingnya kognisi. Para pendukung pendekatan ini meyakini bahwa proses kognisi mempunyai andil yang sangat besar terhadap timbulnya suatu bentuk emosi.

Sampai tahun 1980 ada lebih dari 250 pendekatan dalam psikoterapi yang tercatat dalam Handbook of psychotherapy. Kalau psikoterapi adalah proses penyembuhan batin, maka dapat diobservasi banyaknya jenis penyembuhan di bumi kita ini.

Posted Januari 12, 2009 by perhiasandunia in 1

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: