Islam menjunjung kemuliaan seorang wanita   1 comment

Beberapa Kaum hawa bilang susah jadi wanita ISLAM. Alasan mereka:
1. Karena kewajiban dan peraturan ???
2. Wanita auratnya lebih susah dijaga dibanding laki-laki
3. Wanita perlu meminta izin dari suaminya apabila hendak keluar
> rumah tetapi tidak sebaliknya
4. Wanita sanksinya kurang berbanding lelaki
5. Wanita menerima warisan kurang dari lelaki
6. Wanita perlu menghadapi kesusahan mengandung dan melahirkan anak
7. Wanita wajib taat kepada suaminya tetapi suami tidak perlu taat kepada isterinya
8. Talak terletak ditangan suami dan bukannya isteri
9. Wanita kurang dalam beribadah karena terhalang haid dan nifas yang tak ada pada lelaki
Bisa jadi karena berbagai peraturan dan kewajiban yang sebagian disebutkan ini, fenomena wanita nggak capek-capeknya berpromosi untuk “MERDEKAKAN WANITA ISLAM”
BUT Pernahkah kita lihat kenyataanya? Justru Dien ini ISLAM ini yang menjunjung kemuliaan wanita.

1. Wanita dalam islam disebut sebagai perhiasan Dunia….yang serba indah sehingga perlu dijaga. layaknya benda yang mahal harganya akan dijaga dan dibelai serta disimpan ditempat yang paling aman dan terbaik.  Sebuah intan permata tidak akan dibiar terserak bukan ??? Itulah bandingannya dengan seorang wanit.

Masalah menutup aurat adalah masalah yang esensial bagi orang wanita muslimah. Masalah ini tidak boleh dijadikan bahan bargainning, karena terbukanya aurat menyangkut masalah harkat, martabat dan kehormatan seorang wanita.

Dahulu Khalifah Al-Mu’tashim billah merasa harus mengirim pasukan tempur berpuluh ribu ke Amoria untuk membasmi kelompok-kelompok yahudi yang masih bercokol disana. Penyebabnya sangat sederhana, seorang wanita muslimah diganggu seorang yahudi hingga sebagaian auratnya terbuka. Wanita itu lantas berteriak lantang memanggil nama khalifah yang tinggal di kota lain yang berjaka ribual mil. Teriakan lantang wanita yang minta perlindungan pemimpin Islam karena kehormatannya dilecehkan yahudi itu tergores dengan tinta emas sejarah dengan lafaz ” Waa Mu’tashimaah…”.

Segera saja khalifah Al-Mu’tashim mengirim pasukan perang yang luar biasa besarnya untuk melumat Amoria, sekedar untuk membela kehormatan seorang wanita muslimah, yang mungkin saja tidak dikenalnya. Tapi karena urusa aurat wanita ini termasuk masalah esensial, jawabannya adalah dikirimnya angkatan perang dengan persenjataan lengkap.

Bagaimanakah sikap kita melihat kenyataan sejarah itu? Apakah sebagai orang tua sendiri kita rela membiarkan anak kita memperlihatkan auratnya di mata laki-laki asing hanya lantaran takut dengan hukum yang berlaku di negara kafir? Di manakah rasa malu kita?

Pakaian wanita muslimah ketika diluar rumah adalah dengan menggunakan JILBAB, yaitu pakaian yang bisa menutupi seluruh tubuh sejak dari kepala ke kaki; atau menutup sebagian besar tubuh, dan dipakai pada bagian luar sekali, dan yang tampak hanyalah muka dan telapak tangan. Sebab muka dan telapak tangan menurut jumhur fuqaha tidak termasuk aurat, dengan syarat apabila di rasa aman dari fitnah, sebagaimana firman Alloh swt, yang artinya : Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal dan oleh karenanya mereka tidak diganggu. Dan ALLOH SWT Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Al-Ahzab: 59)

2. Wanita perlu taat kepada suami tetapi lelaki wajib taat kepada ibunya 3 kali lebih utama dari bapaknya. Bukankah ibu adalah seorang wanita ???

kisah Nabi Muhammad S.A.W yang pernah ditanya oleh sahabatnya tentang siapakah orang yang harus kita hormati didunia ini. Rasulullah menjawab, bahwa ” orang yang harus dihormati didunia ini yang pertama adalah Ibumu, lalu Ibumu, kemudian Ibumu, setelah itu Bapakmu!

Selain itu wanita sebagai Ibu mendapat posisi yang tinggi yaitu Surga ada di telapak kaki Ibu


فالزمها فإن الجنة تحت رجليها

Bersungguh-sungguhlah dalam berbakti kepada ibumu, karena sesungguhnya surga itu berada di bawah kedua kakinya (*)

2. Wanita menerima warisan kurang dari lelaki tetapi, dalam pernikahan mahar dari suami  itu menjadi hak seorang istri ( WANITA ) dan tidak perlu diserahkan kepada suaminya,
3. Manakala lelaki menerima warisan perlu menggunakan hartanya untuk isteri dan anak-anak

4. Wanita perlu bersusah payah mengandung dan melahirkan anak, tetapi setiap saat dia dido’akan oleh malaikat dan seluruh makhluk Alloh dimuka bumi ini dan dijanjikan oleh Alloh bahwa matinya wanita islam karena sebab melahirkan adalah syahid
5. Sementara seorang lelaki akan dipertanggungjawabkan terhadap 4 wanita : Isterinya, Ibunya, anak perempuannya, saudara perempuannya
6. Seorang wanita pula, tanggungjawab sama terhadapnya ditanggung oleh 4 orang Suaminya, Ayahnya, Anak lelakinya, Saudara lelakinya
7. Janji Alloh terungkap bahwa, seorang wanita boleh memasuki pintu surga melalui pintu surga yang disukainya cukup dengan 4 syarat: Sembahyang 5 waktu, Puasa dibulan Ramadhan, Taat suaminya, Menjaga kehormatannya
Dengarlah duhai wanita Islam betapa sayangnya Alloh kepadamu…..dan ingin memuliakanmu di dunia dan dunia akherat… Saudariku jadilah perhiasan dunia..perhiasan dunia yang paling indah adalah wanita shaliha….

Terinspirasi by: Yoga Dhee

Posted Januari 29, 2009 by perhiasandunia in 1

One response to “Islam menjunjung kemuliaan seorang wanita

Subscribe to comments with RSS.

  1. Segala Puji bagi Tuhan Alam Semesta Allahu Ta’ala yang mengabarkan kebaikan-kebaikan
    agar aku dan kalian mengambil manfaat dari kebaikan dan berbagi untuk sesama.🙂
    Salam Kenal dari Kami GAMIS MURAH

    Thx infonya😀
    Wasalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: