The Amazing Mom   1 comment

Di umurnya yang ke 42 tahun, beliau terpilih sebagai Bupati Karanganyar Periode 2002-2007, Kemudian untuk yang kedua kalinya pada Periode 2008-2013 beliau kembali terpilih menjadi Bupati Karanganyar. Jabatan kepemimpinan yang bergengsi di tingkat Kabupaten. Kursi empuk yang biasa jadi REBUTAN para pecinta Kekuasaan. Siapa dia? Dia adalah Seorang IBU Yaitu Ibu. Hj. Rina Iriani, SPd.MHum. Beliau menjadi salah satu dari 10 Bupati teladan Nasional. Luar biasa Prestasi beliau, di usia monopause seperti ini, sejarah mencatat kiprah beliau di Wilayah politik kepemimpinan. Hanya dua kata dari saya LUAR BIASA!.

Bagaimana Seorang Ibu 47 tahun ini memaknai dan menjalani Kepemimpinannya, Alhamdulillah Pelantikan Pengurus KAMMI Daerah SOLO, hari Sabtu, 21 Febuari 2009, Panitia mengundang beliau untuk memberikan orasi tokoh Alhamdulillah Beliau dapat memenuhi Undangan tersebut. Pada kesempatan itu beliau menyampaikan tentang perjalanan dan pengalaman beliau ketika menjadi BUPATI. Pengalaman baik yang menyenangkan dan tidak beliau sampaikan. Dalam menjalankan amanah beliau sebagai BUPATI, beliau menerapkan PRINSIP JEMPUT BOLA. Maksudnya beliau terjun langsung ke grassroot dan beliau terbiasa Keliling bersama ajudannya untuk melihat langsung kondisi rakyatnya. Beliau susur tiap rumah-rumah, sekolah-sekolah, jalan dan sebagainya.  Jadi inget kisahnya Umar yang juga sering melakukan inspeksi langsung ke rumah-rumah rakyatnya.


Hasil dari Inspeksi keliling beliau ke bawah tersebut. Beliau membuat kebijakan, Kebijakan yang dia buat pertama kali adalah Mengaspal jalan yang Jelek sehingga kini Jalan di Karanganyar jadi mulus. Dampaknya kita ( Kader UNS ) yang terbiasa dauroh dan melakukan kegiatan ke Tawangmangu bisa jalan dengan lancar. Selain itu GENTENGISASI. Maksudnya adalah Beliau merenovasi Gedung-gedung sekolah yang beratapkan seng ( terutama di SD tempat beliau sekolah ) di ganti dengan Genteng. Cerita beliau dulu ketika sekolah SD di gedung yang beratapkan seng tersebut; klo hujan, atap seng bernyanyi sehingga mengganggu proses pembelajaran dan guru pada waktu itu selalu memberi tugas menggambar sampai hujan reda. Sedangkan kalau musim panas, suasana di dalam kelas jadi Panas, beliau dan temen-temennya diberi tugas membaca sedangkan gurunya bolak-balik keluar masuk karena gerah…( Sepertinya lebih seru dari Sekolah laskar pelangi he.he ). Oya beliau juga memperhatikan Pengentasan BALITA Gizi Buruk di Karanganyar, jumalah awalnya kurang lebih 500 anak menderita gizi buruk, tapi selama beliau memimpin alhamdulilah jumlah semakin turun hingga tinggal 100 anak. Untuk mendapatkan data yang realistis beliau turun survey langsung dibantu aparat dibawahnya…Beliau kroscek langsung. Pemimpin yang mementingkan akurasi data tidak sekedar ” menunggu KABAR GEMBIRA dari Bawah”.

Karanganyar mempunyai Terobosan baru dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar dalam memberikan layanan yang amat fundamental yaitu pencatatan data kependudukan oleh negara dengan konsep pelayanan yang menjangkau masyarakat atau jemput bola dengan dukungan teknologi informasi. Ratna adalah Layanan e-Mobile Data Kependudukan. Sebelumnya ada Program BPN yang berhasil di Karanganyar Larasati konsep mobil keliling yang menyediakan layanan pengurusan surat-surat tanah secara online. Program-program pengembangan agrowisata juga dilakukan, Pemberian Modal dan Pelatihan kewirausahaan untuk Rakyat miskin sehingga mereka mandiri dan sejahtera.
Karanganyar di bawah kepemimpinan beliau mengalami reformasi drastis. Dari sisi administrasi yang mulai dirapikan, Pejabat-pejabat korupsi disingkirkan dan Perbaikan ekonomi kesejahteraan rakyat karanganyar yang semakin baik…Di balik perjuangan beliau mengubah wajah Karanganyar tersebut, tentunya tanpa gejolak, pasti ada orang yang tidak suka dan ada yang ingin menjatuhkan beliau. Tapi sifat tidak tamak, Displin, kerja keras, TEGAS dan yang tidak kalah penting adalah IMAN pada ALLah SWT dan tawakal beliau sebagai Penguat.  Serangan, Ancaman dan Hambatan dan Tantangan bisa beliau tanggapi dengan enteng.

Ketika beliau ditanay tentang Pemimpin yang ideal seperti apa? maka Bu Rina menjawab Pemimpin yang ideal adalah Seperti SAMUDRA. Penjelasannya adalah samudra atau biasa kita sebut laut.  Samudara itu Luas, dipandang dari jauh tetap samudra dan dipandang dari jauh tetap Samudra. Dia Kuat meski Angin melahirkan gelombang yang dahsyat, Hujan dan badai menerpa. Samudra adalah muara akhir dari Seluruh Sungai dari Daratan. Dia begitu dalam menyimpan keindahan Bawah laut…dan artikan sendiri…bila dirrefleksikan sebagai manusiia khususnya sosok Pemimpin

Mungkin masih banyak yang beliau lakukan, tapi karena terbatasnya waktu pada acara tersebut. Kurang lebih 60 menit, karena sudah menendang waktu dhuhur juga. Orasi beliaupun diakhiri.  Mungkin cukup beberapa saja yang bisa dituliskan. Semoga bermanfaat dan kita ambil hikmah dari kepemimpinan seorang wanita dikancah Publik.

She is the amazing mom

Posted Februari 22, 2009 by perhiasandunia in 1

One response to “The Amazing Mom

Subscribe to comments with RSS.

  1. lihatlah amazing mom yang anda tulis ini di pantai parangtritis. dirinya sering ke sana untuk melakukan ritual, beberapa kawan saya bilang begitu pada saya. Jangan hanya lihat luarnya, penempilan luar bisa menipu! Yang jelas dia adalah robinhood wanita!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: