Ramadhan Rindu di Jepang   1 comment

Marhaban Ya Ramadhan….Alhamdulillahirabbil ‘alamin tanoshikatta ne^^ tahun ini dipertemukan lagi dengan bulan ramadhan. Bulan yang penuh berkah, penuh kemuliaan, penuh keistimewaan dan penuh rindu. Kenapa penuh rindu karena Bulan Ramadhan adalah bulan spesial yang selalu kunanti kedatangannya selama 11 bulan lamanya, selain itu bulan ramadhan kali ini terusik rasa rindu di hati karena Ramadhan kali ini adalah ramadhan pertama bagiku di Jepang jauh dari orang-orang yang kusayangi. Sebuah negara yang jauh dari tempat kelahiranku yakni Indonesia tercinta. Sebuah negara yang memiliki empat musim ( musim dingin, musim semi, musim panas, musim gugur).

Ramadhan di Jepang kali ini bertepatan dengan muslim panas  (Natsu)  (Juni-Agustus) karena angin bertiup dari Samudera Pasifik sehingga menjadikan Jepang panas. Suhu rata-rata 20-37 derajat celcius. Waktu malamnya pendek dan siangnya panjang. Subuh rata-rata pukul 03.00 JST dan waktu maghrib rata-rata pukul 07.00 JST . Jadi kira-kira waktu berpuasanya 16 jam per hari. taihen desu ne….smg bisa menjalani dengan baik Amin…

Tanggal 1 Ramadhan kapan yach???

Awal ramadhan di Jepang juga terjadi perbedaan tanggal penetapannya. Di masjid Shin Okubo, tempat biasa suami shalat jumat, ramadhan dimulai hari Jumat,20 Juli 2012. Sehingga suami dengan senang hati mengundang teman-temannya yang tinggal di tokorozawa untuk shalat tarawih malam pertama ramadhan di rumah kami.  Asyik klo rame-rame….karena muslim di Jepang masih minoritas apalagi di Iruma city, kayaknya baru aku dan suamiku yang muslim, aku selalu berdoa semoga bisa bertambah muslim di Irumashi khususnya…Amin .Gambar Teman suami datang dua orang sepasang suami istri tuk menginap(mabit) sehingga berencana bisa shalat tarawih dan sahur bersama. Namun sebelum kita shalat isya’ dan tarawih, aku dapat  sms dari Murobiyahku yang isinya” Ru’yat e-hilal comittee-Japan is pleased to announce that the Hilal (cresent) for Ramadhan (1st of Ramadhan, 1433 A.H.) has not been signed in Japan nor in Malaysia on Shaban 29, 1433 (July 19, 2012). The refore Ramadhan will start on saturday, July 21 2012. Shalat ul Tarawih start from tomorrow night shaum will start from fajr of July 21st. May Alloh SWT accept our good deeds”. Di tambah lagi sms juga dari temen di Tokyo kalau puasa berdasarkan sidang isbat di masjid Assalam Okachimaci dimulai hari Sabtu, 21 Juli 2012. Suami juga dapat email dari Murobiyahnya kalau awal ramadhan hari Sabtu. Akhirnya malam itu kami memutuskan untuk ikut puasa yang hari sabtu, jadi rencana shalat tarawih tidak jadi dech ..hehehehe…..rencana shalat tarawih bersama tidak jadi diganti agenda shalat isya dan subuh bersama🙂.

Malam Ramadhan pertama

Alhamdulillah my first time shalat Tarawih bersama suami tercinta ( my lovely imam nan shalih, insyAlloh) dengan 8  rakaat tarawih, 3 witir. Setelah shalat tarawih kami segera tidur karena malam begitu singkat agar bisa bangun sahur.

Sahur..sahur..sahur…

Sabtu, 21 Juli 2012 pengalaman sahur pertama kali bersama suami. pukul 02.47 aku baru bangun, langsung membangunkan suami. Suami segera bangun dan kaget karena hampir kesiangan karena waktu fajr (Shubuh) nya pukul 02.57. Jadi kita kebut sahurnya karena waktu tinggal 10 menit aja,  fiuhhhh nyam..nyam..nyam…nyawa kayaknya belum masuk utuh, kepala masih melayang , mata belum melek yang penting segera makan sahur…astaghfirullahal’dzim sahur mepet bikin kepala pusing juga yach…tapi tetep bersyukur Alhamdulillah bisa bangun tuk sahur dan insyAlloh dapat keutamaan mengakhirkan sahur (diambil hikmah baiknya) ^^

kyo wa danjiki shite i (Hari ini aku puasa )

Subhanalloh walhamdulillah hari pertama puasa di Jepang pada musim panas ini tapi Alloh menakdirkan hujan,yokatta ne^^ suhu hanya 24,6 derajat celcius, udaranya begitu sejuk angin bertiup begitu lembut seolah mereka menyambut kedatangan ramadhan mubarak juga  ….Alhamdulillahirabbil’alamin…Alloh memang tidak akan menguji hambanya Diluar kesanggupannya….di awal-awal badan lemes sihh tapi Alhamdulillah kuat juga sampai waktu berbuka tiba….

Menu buka puasa

Teringat doeloe masa muda, eh maksudnya masa belum nikah ngabuburit kalau nggak syuro atau pengajian sore di bilik-bilik masjid kampus, makanan buka puasa sudah ada yang nyiapin kalau di rumah ada Mae(Ibu) yang masakin atau kalau di kampus tinggal beli di warung makan. simple dan cepet. Sekarang setelah menikah waktu ngabuburit kuhabiskan dengan memasak dan persiapan buka puasa. Karena tidak mungkin juga beli makanan masakan Jepang yang belum jelas kehalalannya. Menu masakannya sihh biasa,  yang penting ada kurma, es teh , nasi dan sayur Indonesia hehehe….yang bikin istimewa karena buka bersama dengan suami tercinta. Buka puasa seadanya terasa lebih nikmat dan semangat tuk berpuasa hari-hari berikutnya.

Puasa  5 hari pertama ramadhan berjalan lancar,  didukung juga oleh cuaca yang sejuk hari ke enam ramadhan saat ini suhu mulai naik diatas 30 derajat celcius. kenaikan suhu di atas 35 derajat selsius (C) di sebagian besar wilayah di Jepang, dan mengakibatkan 1 orang meninggal serta 682 lainnya dilarikan kerumah sakit, kemungkinan akibat serangan panas, ungkap berita yang dilansir Kyodo News. “Sedia payung sebelum keluar rumah “^^ atsui desu !!!!…bismillah ..ganbarimasu….

Ya Alloh berikan kekuatan padaku dan suamiku menjalankan ibadah puasa pada musim panas ini dengan lancar sampai selesai serta terimalah segala amal ibadah kami dengan segala keridhoanMu….

selamat menjalankan ibadah shaum ramadhan 1433 H bagi yang menjalankannya…mohon maaf lahir dan batin…

 

Iruma-shi, Saitama, Jepang

Kamis, 26 Juli 2012

Posted Juli 26, 2012 by perhiasandunia in new life in japan

One response to “Ramadhan Rindu di Jepang

Subscribe to comments with RSS.

  1. ^_^,nice share,enak ya mbak dijepang???hm..ingin banget ke jepang….T_T

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: